Langsung ke konten utama

SISTEM KOMPUTER



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3ibXlvsxOfD4CoNKydWY60umhpS3dKC0A0htuH2n9Lx2poHHPA09o2_AfkUQNeSsD6mRYDANqaw53nJZMTHkSiqXFGaRBYibybumwhcxORFLAP0DVExerehIZ6iurM_4SQi_56izFDE4G/w680/sistem+komputer.jpg

SISTEM KOMPUTER

Sistem komputer → kombinasi antara hardware, software, dan brainware yang melakukan tugas tertentu sesuai dengan fungsi dan kapasitasnya untuk meraih suatu tujuan.

    • Hardware (perangkat keras): CPU, Monitor, Mouse.
    • Software (perangkat lunak): Aplikasi (microsoft word, microsoft excel, notepad, dll).
    • Brainware (perangkat pintar): Orang yang menggunakan, memakai, ataupun mengoperasikan perangkat komputer.
Blissmer (1985): komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi
Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP).

SIKLUS PENGOLAHAN DATA


  • Data: kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan
  • Pengolahan: manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan berarti
  • Informasi: hasil dari kegiataan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian
ELEMEN SISTEM KOMPUTER


FUNGSI KOMPONEN HARDWARE
  1. Input Device (Alat Masukan): Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam computer.
  2. Output Device (Alat Keluaran): Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
  3. I/O Ports: Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
  4. CPU (Central Processing Unit): CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu; ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
  5. Memori: Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
  6. Data Bus: Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel
  7. Address Bus: Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
  8. Control Bus: Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel
PERANGKAT INPUT 
  • Input langsung: keyboard, pointing device (mouse, touch screen, light pen, dan digitizer graphics tablet), scanner (magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (digitizing camera), dan voice recognizer (microphone).
  • Input tidak langsung: keypunch yg dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yg merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yg merekam data ke media magnetic disk (disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
PERANGKAT OUTPUT
  • Hard-copy device: alat untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
  • Soft-copy device: alat untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
  • Drive device atau driver: alat untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
SOFTWARE
  • Program Komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras.
  • Dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah dr pengguna untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.
  • Berisi instruksi untuk mengerjakan prosedur tertentu, baik memproses data, melakukan perhitungan, berinteraksi dengan software lain (OS maupun aplikasi lainnya) hingga mengontrol perangkat keras (disebut device driver).
Terdapat 3 Kategori software, yakni: 
  • Sistem Operasi
  • Program Aplikasi
  • Bahasa Pemograman
    1. Software: Sistem Operasi
  • Subkelas software lapisan pertama (pertama kali diletakkan di memori komputer saat dinyalakan).
  • Yang bertugas mengontrol & mengelola hardware serta menyediakan operasi dasar sistem (akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user).
  • Bertindak sebagai host bagi semua aplikasi yang dijalankan pada komputer untuk menangani detail operasi terhadap hardware.
  • Contoh: Ms Windows, Linux, iOS, Netware, dll.
    2. Software: Program Aplikasi
  • Subkelas software yang didesain bagi end user untuk memanfaatkan kemampuan komputer aecara langsung.
  • melakukan tugas yang spesifik.
  • membutuhkan OS saat dijalankan.
  • Seringkali antar program aplikasi memiliki kemampuan berinteraksi satu dengan yang lain.
  • Contoh: Ms Word, Photoshop, dll.
    3. Software: Bahasa Pemograman
  • Subkelas dari sotfware yang digunakan untuk menulis (membuat) software.
  • Menterjemahkan seluruh kode program yang dibuat ke bahasa mesin.
Terdapat 2 Kategori: 
  • Bahasa tingkat tinggi
    • Sekumpulan perintah/instruksi untuk menyusun program yang tidak tergantung pada CPU yang digunakan.
    • Membutuhkan "penterjemah" (Compiler/Interpreter) agar dapat diproses oleh mesin.
    • "English like" language.


  • Bahasa tingkat rendah
    • Sekumpulan perintah/instruksi yang memiliki struktur & perintah bahasa mesin/seperti bahasa mesin.
    • Bukan bahasa mesin → merupakan pengkodean instruksi bahasa mesin untuk mempermudah penyusunan program.
    • Didesign sesuai dengan CPU yang digunakan.
    


BRAINWARE
  • System Analis: Oranga yang merancang suatu system.
  • Programmer: Orang yang membuat program
  • End-User: Orang yang menggunakan komputer secara langsung.


















Komentar